SALAF RAYAKAN HAFLAH

Tebuireng.net-Wisma Laskar Hisbullah (LH) Bawah atau lebih dikenal dengan wisma salaf, kemarin (14/04) merayakan Hari Lahirnya yang ke 14.

Acara yang sebelumnya diramaikan dengan beberapa penampilan santri itu dihadiri oleh KH. Zubaidi Muslih, H. Agus Irfan Yusuf (Gus Irfan), KH. Agus Fahmi Amrullah (Gus Fahmi) dan  dan beberapa Dewan Asatid serta santri salaf.

Hitungan 14 dimulai dari awal berdirinya wisma yang sebelumnya dipakai untuk Sekolah Persiapan (SP) ini. Salaf sendiri adalah salah satu program jurusan di MA Tebuireng yang secara khusus mendalami kita-kitab salaf.

Bukan hanya itu, Program yang konon dipelopori oleh (Alm) Gus Ishom ini juga mencanangkan hafalan Al-Fiyah Ibnu Malik. Selain itu, para santri yang mengikuti program salaf kerap sekali mewakili Pesantren Tebuireng untuk mengikuti bahtsul masa’il baik tingkat Jombang (FBMPP) maupun Jawa Timur (FMPP).

Ke depan diharapkan dengan dipertahankannya pengajian-pengajian salaf, Pesantren Tebuireng tidak akan kehilangan ciri khasnya sebagai Pesantren tua yang mempelopori lahirnya ulama’ salaf.

Apalagi untuk tahun ajaran depan, di Tebuireng akan didirikan lembaga baru bernama Madrasah Muallimin Hasyim Asy’ari, yang orientasinya hampir sama dengan program salaf. “Muallimin merupakan saudara kembar salaf” Cetus Gus Fahmi dalam sambutannya.(konc@r

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: